Kumpulan Semua Karya Ilmiah dan Makalah gratis

Banner 468

TRANSLATE

KONSEP KERJA KERAS

Posted by eathewin on - -

KONSEP KERJA KERAS

 

Usaha mengembangkan sekolah/madrasah memerlukan banyak tenaga, pikiran, dan biaya serta membutuhkan kemampuan bekerja dalam rentang waktu yang lama. Kita harus bekerja keras secara terus-menerus. Anda sebaiknya jangan hanya mengandalkan bekerja keras yang mengandalkan kekuatan fisik tetapi juga mengandalkan kerja cerdas yang mengandalkan kekuatan otak. Keras keras dan cerdas saja belum cukup tanpa diikuti oleh kerja ikhlas, kerja lugas, kerja lekas, kerja tuntas, dan kerja puas (memuaskan segala pihak (Collis & Le Boeuf, 1997).

1. Definisi Kerja Keras

Kerja keras adalah berusaha sekuat daya dan tenaga, pantang menyerah, tidak pernah ada kata putus asa untuk mencapai hasil yang maksimal. Orang yang keranjingan kerja keras disebut workcholic. Kita harus fokus pada pekerjaan.

2. Tujuan Kepala sekolah/madrasah berkerja keras

Kepala sekolah/madrasah bekerja keras untuk mencapai keberhasilan sekolah/madrasah sebagai organisasi pembelajar yang efektif. Berikut disampaikan beberapa cara untuk mempengaruhi seseorang agar mau bekerja keras.

  1. Tanamkan keyakinan bahwa banyak bukti keberhasilan seseorang karena kerja keras. Apabila kita ditanya tentang keberhasilan kita, maka jawaban kita adalah berkat kerja keras.
  2. Tanamkan keyakinan, “Saya harus bekerja keras agar yang saya butuhkan tercapai”. “Jangan mengharapkan sesuatu, jika tidak berbuat sesuatu”.
  3. Tanamkan keyakinan, saya ingin jadi orang yang bermanfaat. Banyak penganggur ingin bekerja. Mengapa mereka yang sudah mendapat pekerjaan ingin menganggur?
  4. Tentukan target yang harus dicapai.
  5. Tunjukkan kerja keras Anda untuk dijadikan contoh bawahan Anda.
  6. Kelima cara di atas dapat dilakukan sendiri-sendiri atau dikombinasikan agar saling melengkapi.

 

Sumber :

Materi Pelatihan Penguatan Kemampuan
Kepala Sekolah

modul KEWIRAUSAHAAN

PUSAT PENGEMBANGAN TENAGA KEPENDIDIKAN
BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA PENDIDIKAN DAN PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN
KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL
2011

    Recent POST

    Artikel terkait